Selasa, 02 Oktober 2012

Pengantar Ilmu Budaya Dasar


Ilmu budaya dasar menurut pemikiran saya ialah ilmu dimana yang mempelajari tentang budaya dan orang-orang disekitar kita dengan memperhatikat suatu sifat tertentu dan perasaan tertentu. Dibawah ini akan dijelaskan satu per satu dari bagian ilmu budaya dasar (IBD).
Yang pertama ialah :
1.     Hakikat dan ruang lingkup dari ilmu budaya dasar itu sendiri

Hakikat nya manusia itu sendiri tidak akan lupa akan ajaran-ajaran budaya dasar yang telah mereka dapati sejak lahir. Dimana manusia itu sendiri akan merasa besosial atau berbudaya, karena mereka tidak akan bisa  hidup individu atau sendiri di bumi ini tanpa adanya orang lain. Disamping itu juga manusia memiliki banyak perbedaan dari manusia yang satu dan  manusia lain nya. Perbedaan ini terjadi karena adanya suatu perbadaan dalam segi sifat sikap perasaan emosional dll, selain itu pun banyak sekali diantara manusia berbeda akan waktu, tempat, peristiwa social, dan budaya dasar itu sendiri. Tapi dengan adanya perbedaan itu akan banyak peristiwa yang begitu indah akibat perbedaan itu sendiri.dan hakikatnya ilmu budaya  itu agar bisa mengatur manusia satu dengan yang lain nya. Ruang lingkup ilmu budaya dasar ini bisa disebut adanya hubungan atau kaitanya seperti manusia dan cinta, manusia danpenderitaan, manusia dan keadilan dll.

2.    Ilmu budaya dasar sebagai mata kuliah berkehidupan bermasyarakat dan pendidikan umum

IBD sebagai mata kuliah berkehidupan bermasyarakat dapat menumbuhkan rasa cita budaya sendiri daya keatif, daya kritis, dan menumbuhkan rasa kepekaan mahasiswa itu sendiri terhadap nilai-nilai budaya untuk sebagai bekal dalam berkehidupan dan bermasyarakat.  Lalu disamping itu IDB sebagai mata kuliah berkehidupan bermasyarakat berperan penting untuk mahasiswa itu sendiri karena dapat mengembankan pemahama terhadap kesederajatan, perbedaan dan kemartabatan manusia.serta memantapkan diri terhadap kehidupan social dan kemampuan bermasyarakat

3.    Ilmu budaya dasar sebagai alternative pemecahan masalah social-budaya

IDB ini memberikan konsep-konsep budaya kepada mahasiswa yang dimana mahasiswa itu sendiri akan peka, aktif, tanggap, dan kritis serta berempati atas solusi pemecahan masalah social dan budaya. Dan berdasarkan pemahaman- pemahaman mahasiswa mengorientasikan dirinya untuk mengetahui arah dan cara menyelesaikan suatau masalah social maupun budaya.

4.    Jelaskan perbedaan ilmu social dasar dan budaya dasar
Ilmu social dasar di ajarkan untuk memberikan kemampuan dasar dan pengertian umum kepada mahasiswa tentang konsep-konsep yang di kembangkan untuk mengkaji gejala-gejala social yang terjadi di sekitarnya, sedangkan ilmu budaya dasar di ajarkan untuk dapan memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang di kembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan manusia.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda